Thursday, December 3, 2015

Wacana Kurikulum 2013 beralih menjadi Kurikulum Nasional

Semenjak dilaksanakannya Kurikulum 2013 memang banyak kalangan pengajar (khususnya) perlu menyesuaikan diri dengan aturan dari kurtilas ini. terlebih bagi para pengajar di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memang terdapat kompetensi keahlian dan materi yang disesuaiakn dengan kebutuhan di dunia Usaha/ Industri (DU/ DI). sehingga, setelah 3 tahun pembelajarannya muncul wacana akan dirubah menjadi kurikulum Nasional (kurnas).

Kesulitan yang terberat juga dirasakan pada pengajar di kelas XII, jenjang akhir ini juga terdapat tantangan tersendiri dalam pelaksanaan kurikulum 2013. terlebih bagi para pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebagai contoh SMK Kejuruan Program Keahlian Administrasi Perkantoran, dimana minat para peserta didik cukup tinggi untuk kompetensi keahlian yang satu ini, bagi yang perlu Perangkat pembelajaran Administrasi Perkantoran. Di antaranya ada mata diklat Kelas XII dibawah ini (bisa langsung didownload): 


Langkah awal dari wacana ini adalah menyamakan terlebih dahulu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sekarang telah ditetapkan KKM Nasional adalah nilai 2,67 (B-). Secara bertahap akan dirubah seperti format Raport dan penulisannya, serta yang lainnya. Semoga perubahan-perubahan yang ada pada kurikulum pendidikan kita akan terus memajukan kualitas pendidikan bagi generasi yang mendatang. 

No comments:

Post a Comment