Monday, March 21, 2016

Pendidikan umum dan Agama begitu berkesan di Kalangan Remaja

Belajar merupakan aktivitas yang telah menjadi kebutuhan bahkan prinsip bagi sebagian besar masyarakat kita, bahkan untuk proses belajar kita mengenal kata "Long Life Education" belajar sepanjang masa. sedari usia kecil (anak-anak) hingga tua. Sebuah waktu yang begitu berharga dapat menggunakan masa muda (Remaja) dengan melakukan banyak hal sebagai bekal ilmu dan pengalaman sehingga dapat menambah kualitas diri ketika itu.

Adalah Pendidikan umum dan Agama yang menjadi kebutuhan bagi Kalangan remaja yang aktif, memiliki karakter diri yang kuat dan mandiri saat ini. 

Mengingat peranan lembaga pendidikan yang dibutuhkan pada kondisi saat ini adalah gabungan antara keilmuan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan juga pendidikan karakter (akhlak) sebagai benteng diri menghadapi tantangan zaman melalui pendidikan agama. sehingga pendidikan umum dan Agama tentu menjadi kebutuhan di tengah kalangan remaja yang aktif, memiliki karakter diri yang kuat serta mandiri.

Lantas bagaimana peranan remaja dalam meningkatkan kemampuan diri nya? Tentu jawabannya adalah mengikuti pembelajaran di Sekolah Formal kemudian menambah kemampuan diri dengan bekal agama yang dapat membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Berkenaan dengan hal ini, saya teringat sebuah pesan dari salah satu pesantren tertua di Indonesia, Pesantren Tebu Ireng di Jawa Timur, di mana hasil dari kunjungan Doses Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bdanung merumuskan bahwa pesantren merupakan benteng yang kuat dalam pendidikan karakter (akhlak) bagi para santrinya, khususnya di kalangan remaja umumnya bangsa. Pesantren memiliki sejarah besar dalam memajukan pendidikan di kala penjajahan dan juga memiliki andil besar dalam kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana menciptakan lingkungan Pesantren di Sekolah Umum merupakan solusi bagi pendidikan akhlak Remaja

Hal ini tentu menjadi gambaran bagi sekolah umum di luar lingkungan pesantren untuk bagaimana menciptakan dan mengkondisikan sekolah umum untuk mengajarkan nilai-nilai yang ada di Pesantren. Sehingga point pentingnya adalah bagaimana menciptakan lingkungan pesantren di Sekolah Umum.  

Namun demikian tetap di antara keduanya terdapat nilai plus minusnya. Di sekolah umum hendaknya menciptakan pesantren pun demikian di pesantren tidak mengesampingkan kebutuhan yang bersifat formal dan umum. memilikin peran serta dalam memajukan dan menggunakan teknologi saat ini.

No comments:

Post a Comment